Selasa, 15 Oktober 2013

SISTEM PENGENDALI KOMPUTER "TEAMVIEWER"


TEAMVIEWER

PENGERTIAN TEAMVIEWER (ROMOTE ACCESS)
Remote Access adalah istilah yang menggambarkan dimana sebuah komputer yang satu, bisa dikendalikan oleh komputer yang lainnya dengan menggunakan media jaringan komputer seperti Internet, atau menggunakan applikasi Teamviewer.Teamviewer adalah suatu program yang cukup sederhana dan sangat mudah digunakan untuk beberapa keperluan terutama melakukan akses PC secara remote melalui internet.Team viewer juga dapat dijalankan dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network), tetapi jika kita menggunakan LAN hanya terbatas pada koneksi jaringan lokal saja yang kita gunakan.


KEGUNAAN TEAMVIEWER
Jadi dengan menggunakan program ini, kita bisa mengakses komputer yang berada jauh dari kita. Misalkan ketika sedang tugas keluar kota. Namun kita hanya membawa notebooksaja, dan file-file penting yang dibutuhkan ada pada komputer desktop dirumah.Disinilah letak kegunaan program ini. Setelah menginstall program Teamviewer ini, maka secara otomatis kita bisa saling berhubungan dengan komputer yang ada jauh disana, sehingga selain melakukan remote kita juga bisa mengambil file-file yang ada di komputer desktop. Namun dengan syaratdua komputer tersebutsama-sama terhubung ke Internet.Selain itu, kita juga bisa mengadakan presentasi secara jarak jauh.

SYARAT MENGGUNAKAN TEAMVIEWER
Adapun syarat-syarat menggunakan Teamviewer yaitu:
1)      Install Teamviewer di kedua PC yang akan melakukan koneksi secara remote (versi sama)
2)      Koneksi internet/LAN sudah tersambung
3)      Masukan ID dan password PC yang akan diremote. ID dan Password dapat menggunakan mode dynamic maupun ditentukan sendiri, tergantung kebutuhan saya biasa menggunakan kedua duanya tergantung situasi. Jika kita hanya menggunakan jaringan LAN, maka ID diisikan dengan alamat IP computer yang hendak kita remote/transfer file.

FITUR YANG TERDAPAT PADA TEAMVIEWER
Adapun fitur utama yang terdapat pada teamviewer yang bisa kita manfaatkan untuk keperluan remote komputer yaitu sebagai berikut:

1)      Remote Support
Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menggunakan komputer yang dituju secara remote.Ini bisa dimanfaatkan untuk penggunaan komputer secara jarak jauh. Entah itu untuk mengedit Video, membaca dokumen, membuat dokumen, browsing, chatting, dan segala yang bisa kita lakukan saat kita menggunakan komputer. Namun bedanya kita tidak berada didepan komputer tersebut.
2)      File transfer
Kita bisa mencopy file yang kita butuhkan dari komputer yang berada di rumah ke komputer remote ataupun sebaliknya.
3)      Meeting
Fitur ini memungkinkan kita melakukan meeting dengan menggunakan aplikasi Teamviewer ini. Kita bisa mengundang partner kita ke dalam meeting atau kita bisa join ke meeting yang dibuat oleh pengguna lain dengan memasukkan ID Meeting. Dalam meeting ini kita bisa mempresentasikan layar screen kita, melakukan file transfer, video conference, conference call, dan remote chating.

Berikut akan dibahas langkah-langkah menggunakan aplikasi Teamviewer mulai dari instalasi program sampai pada penggunaannya.


LANGKAH-LANGKAH MENGINSTAL TEAMVIEWER
Langkah-langkah menginstal Teamviewer

1.      Pertama-tama download aplikasi Teamviewerdi www.teamviewer.com

2.      Double klik pada icon setup Teamviewer

3.       Kemudian akan muncul kotak dialog YeamViewer setup pilih instal, dan klik next.


4.      Selanjutnya muncul kotak dialog seperti berikut, pilih Personal/non-commercial use kemudian klik next.

5.      Selanjutnya anda akan dihadapkan pada kotak dialog license agreement,yang berarti anda menyetujui persyaratan yang telah di tentukan. Centang kedua check list untuk melanjutkan, kemudian klik next.

6.      Berikut adalah proses instalasi Teamviewer dan tunggu sampai selesai

7.      Berikut adalah hasil dari instalasi Teamviewer.

Setelah proses instalasi Teamviewer selesai, kita bias langsung menggunakan aplikasi ini untuk meremote/transfer file computer lain dengan cara memasukkan ID dan password Teamviewer yang hendak kita remote.Pastikan computer yang hendak kira remote telah diinstal Teamviewer.
Berikut cara-cara untuk meremote computer lain dengan Teamviewer:

1.      Langkah pertama yaitu mengetahui ID Teamviewer computer yang hendak kita remote yang ditampilkan pada sisi kiri (tab “Remote Control”) pada aplikasi Teamviewer. Lihat Gambar (tampilan pada computer yang hendak kita remote)


2.      Kemudian masukkan ID Teamviewer yang hendak kita remote ko kolom Partner IDsetelah itu klik “Connect to partner”.


3.      Setelah itu kita akan diminta mengisi password Teamviewer partner yang ditampilkan pada computer yang hendak kita remote.
Masukkan Password (lihat gambar diatas) kemudian klik “Log On

4.      Tunggu sampai proses autentikasi selesai. Jika sudah terkoneksi, maka akan muncul tampilan desktop computer yang sedang kita remote, seperti pada gambar dibawah ini:

5.      Jika kita biasa melihat tampilan desktop partner, berarti kita telah sukses terkoneksi dengan computer partner kita yg sedang kita remote. Kita bisa melakukan transfer file ke computer partner atau sebaliknya. Kita bisa mentarnsfer file apa saja yang kita kehendaki melalui menu “File Transfer” (terletak pada bagian atas tampilan desktop) pada aplikasi Teamviewer.


Menjalankan Teamviewer pada jaringan LAN (Local Area Network)

Aplikasi Teamviewer ini pula dapat dijalankan tanpa menggunakan jaringan internet.Aplikasi ini juga dapat dijalankan hanya dengan menggunakan jaringan LAN (Local Area Network). Tapi untuk menjalankan aplikasi ini melalui jaringan LAN, kita disarankan untuk mematikan firewall di settingan control panel kita agar supaya bisa terkoneksi dengan computer yang hendak kita remote. Untuk cara menonaktifkan firewall kita bisa membuka Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Customize Settings (Turn Windows Firewall on or off) > kemudian klik pada “Turn off Windows Firewall pada private network dan public network, kemudian klik OK.
Adapun beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan menggunakan jaringan LAN dibandingkan menggunakan jaringan internet, yaitu kita bisa menghemat bandwidth internet kita.Keuntungan lainnya juga yaitu bandwidth jaringan local lebih besar dan cenderung lebih stabil.Masalah kelemahannya, tentunya hanya terbatas pada cakupan jaringan LAN yang kita gunakan.

Catatan: Sebelum menjalankan aplikasi ini pada jaringan LAN, pastikan terlebih dahulu bahwa PC yang anda gunakan telah terkoneksi ke jaringan LAN yang hendak digunakan.

Berikut akan dibahas cara menjalankan aplikasi Teamviewer pada jaringan LAN (Local Area Network):
1.      Pertama-tama jalankan aplikasi Teamviewer
2.      Klik Tab Extras > Option. Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut:
3.      Pada “Incoming LAN Connections” pilih accept atau accept exclusively. Sebagai contoh, saya memilih accept exclusively.
terdapat 3 pilihan pengaturan di bagian ini :
·         disable : akses jaringan lokal via IP tidak aktif (default)
·         accept : menerima akses melalui IP dan tetap terhubung dengan Teamviewer network, sehingga PC masih bisa diakses menggunakan jaringan internet dan ID teamviewer
·         accept exlcusively : menerima akses hanya melalui IP.
4.      Kemudian klik OK.
5.      Setelah selesai, tampilan Teamviewerakan menjadi seperti gambar berikut ini. ID Teamviewer kita telah berubah menjadi alamat IP computer yang sedang kita gunakan.

6.      Untuk dapat terkoneksi dengan computer yang hendak kita remote/file transfer caranya seperti yang telah dibahas sebelumnya pada koneksi dengan menggunakan Internet, hanya saja pada kolom Partner ID diisikan dengan IP computer yang hendak kita remote/file transfer. Kemudian masukkan password partner kita dan klik Log On. Tentunya terlebih dahulu kita harus mengetahui IP dan password partner kita yang hendak kita remote.

TEAMVIEWER ACCOUNT
Jika kita memiliki computer (PC) lebih dari 1 buah dan kita hendak mengontrol PC tersebut dengan aplikasi Teamviewer, kita bisa meremote PC kita tanpa memasukkan ID dan password Teamviewer lagi.Caranya yaitu, dengan “Create Teamviewer Account”. Hal ini sangat berguna ketika kita sedang berada di kantor dan kita membutuhkan file yang tertinggal dalam PC di rumah kita. Jika kita telah mengaktifkan Teamviewer account pada PC kita dirumah, maka kita dapat dengan mudah masuk ke PC kita dengan melakukan “sign in” pada PC/Laptop yang kita gunakan di kantor dengan menggunakan Teamviewer account kita.
Dengan catatan, kita tidak bisa menggunakan jaringan LAN untuk terkoneksi ke computer yang hendak kita remote/file transfer.Cara ini hanya bisa dijalankan jika kita terkoneksi dengan jaringan internet, karena kita harus terkoneksi pula dengan jaringan Teamviewer.

Cara-cara untuk mebuat Teamviewer account adalah sebagai berikut:

1.      Jalankan aplikasi Teamviewer dan pastikan bahwa Teamviewer sudah terkoneksi dengan jaringan dengan melihat satus pada pojok kiri bawah (internet required).
2.      Klik “Computers & account” kemudian klik “Sign Up” untuk memulai registrasi.
3.      Setelah itu akan muncul tampilan window “Create Teamviewer Account” dan kita diminta untuk mengisi beberapa informasi nama dan password yang akan kita gunakan. Pilih “I want to creat a Teamviewer account” kemudian Isi semua field kosong dengan data informasi kita kemudian klik Next.


4.      Kemudian kita dimintakan untuk mengisi nama computer dan password permanen untuk computer kita agar supaya Teamviewer tidak membuat random password setiap kali kita meremote computer ini. Setelah itu klik Next



5.      Kemudian klik Finish untuk meyelesaikan registrasi.

6.      Jangan lupa untuk memverifikasi alamat e-mail kita dengan cara membuka e-mail verifikasi yang di kirim oleh Teamviewer ke alamat e-mail yang kita daftarkan. Klik link yang dikirim oleh Teamviewer untuk mengaktifasi akun kita.

7.      Setelah akun kita telah dibuat, maka kita bisa melakukan Login ke Teamviewer menggunakan akun kita pada setiap computer/PC kita agar lebih mudah kita terkoneksi tanpa memasukkan ID Teamviewer dan password.

8.      Klik 2 kali panda nama computer di sebelah kanan jika kita ingin meremote/file transfer.

9.      Selesai.
FILE TRANSFER
Aplikasi Teamviewer ini sudah dilengkapi dengan fasilitas file transfer antar PC dalam jaringan Internet/LAN. Kita dapat melakukan transfer file dengan format file apapun yang kita hendaki (misalnya file gambar, audio, video, dokumen dan lain-lain). File transfer pada Teamvierwer tidak terbatas pada besarnya volume file yang akan kita transfer. Kecepatan file transfer tergantung pada koneksi yang kita gunakan (internet/LAN). Jika kita menggunakan jaringan internet tentunya akan menggunakan bandwidth internet kita yang terkadang kurang stabil dibandingkan dengan jaringan LAN yang lebih stabil dan bandwidth yang lebih besar. Seperti yang telah kami coba dengan menggunakan jaringan LAN Ad-Hoc kecepatannya mencapai 2 MB/s.

Berikut cara untuk melakukan file transfer :

1.      Pastikan terlebih dahulu PC kita telah terkoneksi ke jaringan internet/LAN
2.      Jalankan aplikasi teamviewer
3.      Masukan partner ID Teamviewer/IP (1) dari PC partner kita, kemudian klik pada pilihan ‘file transfer (2)’ lalu klik ‘connect to partner(3)’

4.      Kemudian anda akan dimintakan untuk mengisi password PC partner yang kita tuju, kemudian klik ‘log on’

5.      Jika tidak terjadi masalah, maka anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada tampilan sebelah kiri (local computer) adalah computer kita. Sedangkan pada tampilan sebelah kanan adalah computer partner kita.

6.      Dalam tampilan windows ini kita dapat mengirim atau meneima data dari PC partner kita. Sebagai contoh kita akan mengambil file video dengan format mp4 dari computer partner kita dan kita masukan ke dalam folder kita.

7.      Buka lokasi file video yang hendak kita ambil dari PC partner (remote computer) dan klik file yang akan kita ambil. Kemudian tentukan lokasi penyimpanan file yang hendak kita ambil pada PC kita (local computer).

8.      Klik ‘receive’ (lihat gambar) untuk menerima data dari PC partner. Jika kita hendak mengirim data ke PC partner kita, ulangi langka diatas (pilih file yang akan dikirim dan tentukan lokasi penyimpanan) kemudian kita klik ‘send’.
Klik ‘send” untuk mengirim file ke PC partner.

9.      Berikut ini adalah tampilan file yang sedang di transfer dari PC partner ke PC kita.

10.  Kita dapat melakukan transfer file dengan format apapun sesuai apa yang kita inginkan. Cara-caranya seperti yang telah ditunjukan diatas, tinggal mengganti file yang kita inginkan/butuhkan, misalkan file berformat .mp3, .docx, .JPEG, .exe, dll.
Berikut tampilan ketika file transfer telah berhasil:


Contoh file transfer audio dengan format .mp3
Contoh file transfer dokumen dengan format .docx

Contoh file transfer gambar dengan format .JPG
 
MY VIDEO / VIDEO CALL
Berikut adalah fitur My Video (Video Call) yang memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi Dengan client / komputer yang kita tuju dengan menggunakan Kamera web (Web Cam). Tentunya dapat pula kita gunakan untuk melayani client / teman apabila membutuhkan bantuan kita secara langsung.

Caranya yaitu :
1.      Pastikan PC kita sudah terkoneksi dengan internet/LAN
2.      Buka Aplikasi Teamwiver
3.      Cara menjalankannya lihat di penjelasan File Transfer
4.      Setelah berhasil, langsung klik audio/ video lihat tampilannya seperti gambar di bawah ini!


5.      Kita bias melakukan aktifitas video call

6.      Di dalam tampilan My video terdapat banyak fitur yang dapat kita gunakan diantaranya yaitu VoIp (Voice over Internet Protocol) fitur untuk menelpon, chatting fitur untuk bercakap-cakap pada client yang kita tuju, conference call fitur untuk melakukan perbincangan dengan banyak client dan file transfer fitur untur bertukar file / mengirim file.

7.      Chatting “Media


8.      Tampilan Hasil VoiP


9.      Tampilan Hasil Conference Call




5 komentar:

  1. Kalau untuk bisa mengetahui pasword yg permanen dr cliennya gmn ya gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. atur aja gan teamviewer di kmputer client di menu option terus buat security yang di inginkan

      Hapus
  2. Saya mau tanya nih bos,saya punya usaha warnet,teknisi saya kemaren gk mau kasih tau id dan passwordnya,alasannya agar kalau ada apa2 dia gk perlu datang,tinggal remote aja dari jauh,yg mau saya tanyakan,bagaimana caranya agar saya bisa tau id dan password teamviewer tsb,tanpa harus membuat akun baru,mohon bantuannya gan,tq.

    BalasHapus